Minggu, 11 Desember 2011

Kisah BOCAH Penjual Siomay

Sebelume sori kalo tuh judul nggak ane tulis pake ejaan yang disempurnakan, mengingat ane pengen menekankan kata BOCAH-nya itu loh. Yupp, emang bocah usianya lebih muda ya sekitar 2 ato 3 tahunlah dari ane. Padahal ane sekarang masih sekolah. Gilak muda benget kan?
Langsung ke tkp aja deh :



            Kalo kagak salah ntu hari selasa, 6 Desember 2011. Sekolah ane masih ngadain TAS 5 (tes akhir semester 5). Dirumah ada ane, kakak ane yang nomor dua, ama babe, tiba tiba “thok thok thok” terdengar bunyi kenthongan kecil dipukul pertanda bahwa ada siomay lewat. Akhirnya beli deh, tak panggil tuh si penjual. Dari jauh belum ketara sih orangnya, pas masuk halaman rumah , aje gilee, masih bocah bener tuh penjual. Baru kali ntu ane liat nih bocah. Jujur perasaan ane mak “dheg” seakan kagak percaya kalo ni orang yang ada di depan ane, seorang bocah tepatnya, udah mencari nafkah dengan bekerja sebagai seorang penjual siomay. Beberapa saaat ane masih ternganga. Zlupp, pikran ane mulai ngelayap kemana mana. Mikir mungkin ibunya sakit kagak bisa kerja, ato bapaknya udah meninggal, ato putus bayar sekolah terus di deo, ato anak broken home, secara dari fisiknya anaknya gendut men. Tapi segera kutarik lamunanku itu. Setelah sengketa jual beli itu aku masuk makan bareng, ngobrol bentar ama babe.
 “sing dodol wau umure seperantaraan kalih jati nggih pak?”        
“hmm, oraa, enom de’e, paling agi lulus smp, bocah wingi sore kae ki”
Yaa kurang lebih begitulah. Intinya sih cuman menyangatkan bahwa umur tuh bocah masih BEGITU MUDA, bukan muda sih KECIL tepatnya.

Nah dari tkp itu gan, ane bisa ngambil 2 point penting.      
1.      Disatu sisi ane merasa wajib dan harus bersyukur atas segala apa yang dikaruniakan Allah kepadaku. Kalo dihitung kagak bakal mungkin saking banyaknya rahmat dan kemurahan-Nya. Keluarga , teman , sahabat, sekolah, lingkungan , dan kondisiku yang seperti ini berikut plus minusnya, aku sangat beruntung dan bersyukur. Bukan aku sih sebenernya, lebih tepatnya kita harus bersyukur, Alhamdullillahirabbil’alamin.

Sempet juga aku geram ama ulah para para wakil rakyat yang tidak menjalankan amanat rakyatnya dengan baik, malah bertambah aja yag terlibat KKN. Kurang baik apa coba nikmat Allah yang sampai sampai mereka lupakan. Yah semoga saja Allah berkenan membuka pintu hati mereka, Aamiin

2.      Didua sisi, hati ane kerasa diketuk ama Allah. Bahwa dengan apa yang telah Allah kasih liat ke aku, aku nggak boleh tinggal diam aja, aku(kita) musti berusaha yang terbaik kelak apa yang kita peroleh, kita niatkan untuk mencari ridho Allah dengan memperhatikan nasib mereka (salah satunya ya si bocah tadi). Memperbaiki kehidupan mereka dan mempermudahnya adalah tujuan yang benerr pengen ane capai. Ane berdoa semoga apa yang ane lakukan selama ini kelak dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar ane. Mampu mengangkat derajat mereka, meraka yang jarang tersentuh uluran kasih dan sayang.

               Dengan membaca post ini ane berharap bisa menggugah semangat para para kawula muda, untuk lebih bersimpati dan peduli. Doa ane dan ente insya Allah bisa terwujud dengan diiringi ikhlas dan semangat usaha yang tinggi. Semoga ini tidak hanya menjadi untaian kata kata biasa namun menjadi awal langkah yang sesungguhnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin

0 komentar: