Sabtu, 31 Desember 2011

Soup Ayam


Selayaknya naluri seorang wanita, memasak adalah hal yang begitu melekat padanya. Namun saya sepertinya belum terlalu mengenal itu. Yah sekadarnyalah, masak air, nasi, mie instan, goring telur, kalo gitu gitu mah saya juga jagoo. Tapi kalo selain itu yaa, jangan ditanya yah :p Apalagi menginjak usia saya yang beranjak dewasa (cieeh), malu dong? “cewek masak kagak bisa masak??” ape kate dunia? Belum lagi ibuk berkali kali bilang, ‘kamu itu kurang masaknya jat, kapan dirimu mau latihan masak??’ , nanggepinnya sih aku ya cuman bisa mrenges mrenges kagak jelas getoh :p Dalam batin sih terdengar suara yang meneriakiku ‘ayo jat belajar masakk, tunjukin sama ibu bapak kalo kamu bisa masakk’ :o

Daan, muncullah ide untuk kursus masak bro tapi bukan sama ibuk ato sama kakak saya, . pertimbangannya sih, kalo aku kursus ama mereka nanti cita rasa masakan yo cuman gitu gitu ajaa, kagak ada variasinya dong. (sok tau bener) La terus bayar dong jat, mahal atuhh? Eh jangan salah, ada bulik saya yang lumayan jagoo lah masaknya, dan sebagai perwujudan niatan saya untuk ‘belajar masak’ itu saya dateng  ke rumahnya, daerah concat jogja saudara. Jaoh? Lumayan :D Dan untungnya bulik, so welcome. Mau ngajari saya dengan sabar dan sarat arti. (opo neh kui) Pelajaran pertama adalah SOP AYAM saudara , nah sebagai bentuk apresiasi saya ini saya share bahan dan cara memasaknya, cekidot :D
                3 siung Bawang Putih
                3 siung bawang merah
                Garam dapur
                Wortel
                kentang
                daun bawang
                kubis
                daun bawang
                daging ayam
                Minyak goring secukupnya
1.       Kupas lalu potong wortel, kentang, daun bawang. Untuk kentang potong bentuk dadu.
2.       Iris bawang merah dan bawang putih tipis tipis
3.       Masukkan bp dan bm yang sudah dipotong ke minyak panas
4.       Tambahkan garam secukupnya
5.       Masukkan daging ayam yang sudah dipotong sesuai selera
6.       Tunggu hingga warna berunbah
7.       Masukkan air, tunggu hingga mendidih
8.       Masukkan potongan wortel, kentang, daun bawang, kubis yang sudah dipotong potong
9.       Tunggu hingga matang
10.   Jadi deh ^^

Maaf kalo banyak kurangnya. Tau sendirilah itu kursus dadakan. No prepare :p tapi hasilnya, manteb gan :D boleh deh dicoba. Kalo dikasih nilai, kursus pertama saya ini 8 kali yaa. (Mbiji dewe yo diapek apeklah)
Oleh karenanya saya punya niatan mau mosting tiap masakan baru yang udah sempet saya pelajari. Maaf kalo kurang berkenan :D

0 komentar: